Posted by: Yoga PS | 20 January 2010

Ramai

Dan manusia modern ternyata membenci sepi. Seperti malam tadi. Sebuah tragedi terjadi. Manusia beramai-ramai membunuh sepi. Mencari ramai. Seperti seorang yang kehausan di gurun pasir. Gurun kesepian. Mereka butuh air. Air yang ramai.

Dan bukan masalah ramai menurutku. Sehingga orang-orang berkumpul di jalan, di lapangan, di pusat-pusat peradaban. Apa yang mereka cari? Tampaknya tak lebih dari diri mereka sendiri. Di tengah kerumuman massa, psikologi bergeser. Dari personal menuju komunal. Dari aku menjadi kamu. Menjadi kita.

Dan kita rindu untuk menjadi “kita”. Disaat individualisme semakin kuat. Disaat masyarakat yang komunal sudah dianggap kusam dan binal. Kebencian feodal. Sekarang saatnya zaman post-modernis. Tapi masyarakat kita tampaknya masih industrialis. Mulai materialis. Semakin kapitalis. Sedikit hedonis.

Ludwig Andreas Feuerbach mencatat, relasi antar manusia dimulai dari aku (ich) dan kamu (do). Aku tak ada jika kamu tak ada. Seperti monolog. Tanpa dialog. Oleh karena itu eksistensi kita ditentukan kehadiran yang lain. The others. Suami takkan menjadi suami tanpa kehadiran istri. Bapak takkan menjadi bapak tanpa anak. Pemerkosa bukanlah pemerkosa jika tak ada yang diperkosa…

Dan malam tadi adalah bukti ternyata hidup tak melulu harus memiliki tujuan. Terkadang hidup hanyalah sekumpulan perayaan. Karena perayaan butuh kekuasaan, dan kekuasaan butuh perayaan. Lagipula perayaan akan hambar jika dilakukan sendirian. Lebih baik masturbasi. Lebih baik mati jika hidup sendiri.

Ah, sudahlah. Hentikan omongan ngelantur ga jelas ini. Basi. Terompet dibunyikan. Gas dikencangkan. Klakson bersahutan. Menunggu ledakan di langit malam. Dan seperti umat Musa yang menunggu perintah dari Tuhan. Kita pun menunggu. Tapi, apa yang kita tunggu?

Heavy New Year!!!!!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: