Posted by: Yoga PS | 26 February 2010

Bisnis Para Nabi (1)

Apa jadinya jika nabi berbisnis? Padahal sungguh sayang sekali mereka telah diberi “kelebihan” oleh Tuhan. Masa Cuma buat dakwah dan menyebarkan kebaikan??? (Loh!!!).

Tulisan ini bukan bermaksud melecehkan. Hanya sebuah bentuk dekonstrusi kreatif atas “kapitalisasi mukjizat” yang diberikan Tuhan kepada manusia-manusia pilihan.

Adam

Sebagai manusia pertama, sebenarnya Adam memiliki privilege untuk memulai bisnis apa saja. Apapun bisnisnya, ia pasti masuk MURI dan Guinness Book of Record sebagai yang pertamaxx (kalau sudah ada kaskus). Tapi tampaknya usaha property cocok bagi nabi yang satu ini. Adam dapat dengan mudah menjadi tuan tanah. Karena jika harus bergerak di industry consumer goods, atau ritel, Adam terkendala market constraint. Pembelinya Cuma satu. Monopsoni. Hanya ada Hawa istrinya.

Idris

Karena beberapa sumber menyebutkan bahwa nabi ini pintar menjahit, mengapa tidak bergerak di bidang konveksi atau tekstil? Apalagi industry tekstil adalah “industry sejuta umat”. Selain memiliki pasar yang luas, juga bisa membuka lapangan kerja yang tidak sedikit. Hitung-hitung mengurangi pengangguran.

Nuh

Wah kalau nabi ini cocok dijuluki raja kapal!!! Karena ia sudah mampu menciptakan kapal yang lebih besar dari Titanic. Mampu menampung semua makhluk hidup. Perahu nabi Nuh bahkan masih menjadi misteri. Dalam beberapa film documenter yang saya tonton, ada teori yang menyebutkan kalau perahu Nuh sebesar gunung!!! Benar-benar raja kapal. Jadi dosen teknik perkapalan di ITS juga bisa.

Hud

Nabi ini merupakan salah satu kaum Aad. Kaum yang oleh Allah diberikan kekuatan fisik yang extra ordinary. Oleh karena itu saya menyerankan agar Nabi Huud bergerak dalam industry kebugaran. Karena pada zaman sekarang, industry kebugaran sudah menjadi lifestyle dengan nilai miliran dollar. Keren kan kalau ada “Hud Fitness Center”.

Shaleh

Diutus di kaum Tsamud. Ketika kaumnya meminta bukti empiris yang hiperbolis (mukjizat), Allah menciptakan seekor unta dari batu karang. Dari sini sudah bisa ditebak. Nabi Shaleh berbakat untuk menjadi juragan unta!!! Wah coba bayangkan kalau semua batu bisa jadi unta. Gunung Merapi bisa berubah menjadi Unta Merapi. Cocok juga sebagai solusi kelaparan. Kita tinggal makan batu… eh unta.

Ibrahim

Nabi yang satu ini cocok menjadi stuntman dan bergerak di bisnis entertainment. Kenapa? Ga mempan dibakar cuk! Bahkan pesulap sekelas Houdini saja tak pernah memberikan atraksi dibakar hidup-hidup. Pekerjaan sampingan yang cocok jelas sebagai fire fighter (pemadam kebakaran). Bisa nyelametin orang tanpa harus memadamkan api terlebih dahulu. Ruar Biasaaa!!! Eh, tapi kalo apinya ga dipadamin, korbannya yang kebakar donk ya???

Ismail

Tampaknya Ismail masih memiliki bakat yang diturunkan ayahnya: bisnis pertunjukan. Dalam sebuah perintah pengorbanan. Bersama Ibrahim, Allah kembali menunjukkan kekuasaannya. Diubah Ismail menjadi domba. Sungguh sebuah pertunjukan.. maaf… mukjizat yang menegangkan dan mengharukan… Sebuah sumber menulis kalau Ismail bisa menjinakkan kuda. Klop deh. Bisa buat sirkus kuda!!. Lucu kan, “Si Kuda pergi ke pasar…”.

Luth

Diutus kepada kaum Sodom. Penggemar homoseks (baik gay maupun lesbian). Bisnis kotor yang cocok ya dibidang prostitusi dan pornografi. Tapi karena bisnis “gituan” jelas haram rezekinya, maka menjadi dokter spesialis kelamin sangat lah cocok. Ga mungkin tak ada penyakit kelamin bergentayangan untuk masyarakat seperti kaum Luth. Mendirikan pabrik kondom tampaknya juga bukan ide yang buruk.

Ishaq

Sangat sulit memikirkan bisnis apa yang cocok bagi Nabi Ishaq. Beberapa literature yang saya baca hanya menyebutkan dirinya sebagai anak Ibrahim dari Sarah yang diberi “kearifan dan kebijaksanaan”. Kurangnya literatur mukjizat dan kehidupannya (saya kurang membaca), membuat saya menyarankan agar menjadi sejarawan saja. Riwayat menyebutkan Nabi Ishaq meninggal pada usia 180 tahun. Lebih tua dari Ibrahim (175 tahun) dan Ismail (137 tahun).

Yaqub

Yaqub adalah anak nabi Ishaq. Riwayat yang saya baca menyebutkan kalau ia pernah menjadi “manajer peternakan” di Irak. Sebagai syarat menikahi gadis yang dicintainya. Saudara sepupunya sendiri. Mungkin jika Yaqub masih hidup, peternakannya sudah sebesar Charoen Pokphand atau JAPFA Comfeed.

Yusuf

Nabi berwajah cute dan cool (mungkin). Agak susah mendeksripsikannya, karena saya tak pernah melihat fotonya. Tapi karena Zulaikha, istri kepala polisi Mesir sampai kesengsem berat. Pasti Yusuf sudah jadi seleb (bukan selep, apalagi salep). Apalagi Nabi ini diberikan anugerah tafsir mimpi. Juga kemampuan mengurusi keuangan Negara. Mantab dah. Ketik REG YUSUF MIMPI ANDA. Kirim ke 9877. Tariff Rp 2.000/sms.

Syu’aib

Hidup ditengah kaum penyembah kayu dan pepohonan. Kaum Madyan juga terkenal curang dan suka mengurangi timbangan. Nabi Syu’aib sangat cocok menjadi ketua lembaga pengawas perdagangan. Kalau sekarang yah KPPU (Komite Pengawas Persaingan Usaha). Lembaga pengawas praktik nakal yang tidak sehat. Mungkin kalau di zaman Nabi Syu’aid perlu adanya NPPMTCYS (Nabi Pengawas Perdagangan Menggunakan TImbangan Curang Yang TIdak Sehat). Kepanjangan ah.

Ayyub

Nabi yang sangat sabar. Diuji mulai dari kemewahan dan kenikmatan, serta kesedihan dan penderitaan. Ketika ia terserang penyakit kulit dan nyaris lumpuh, ia tetap mengingat Allah. Terus bermunajat dan tawakal. Akhirnya Ia diberi mukjizat air yang mampu menyembuhkan segala penyakit kulit dan membuat awet muda. Jika air itu masih ada sampai sekarang, pabrik kosmetik seperti L’oreal, P&G, sampai Ponds harus gulung tikar. Nabi Ayyub sangat cocok bergerak di bisnis kecantikan dan kesehatan.

(bersambung)

Maaf karena saya melakukan coitus interruption. Maksimal tulisan untuk tulisan pendek adalah 1000 kata. Sebenarnya masih bisa untuk satu-dua nabi lagi. tapi biar enak bacanya. Nabi ke 14-25 akan saya bahas ditulisan berikutnya.

Juga sebagai sarana testing pembaca. Ada yang protes nggak ya?


Responses

  1. nice post!
    bener2 gak bikin orang protes, tapi bikin orang berpikir lagi,🙂

  2. hihi tapi saya diprotes temen2 sholeh wakkaka

  3. tulisan bahaya klo yg baca FPI😀

  4. hahahha uda diprotes ane


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: