Posted by: Yoga PS | 3 September 2012

[Curhat] “Kuliah” Lagi

Ada resolusi baru setelah ramadhan ini: peningkatan kapasitas intelektual dan finansial.

Dua hal yang menjadi prioritas utama. Karena saya merasa, kehidupan menjadi karyawan membunuh spirit pencarian. Tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan nakal, diskusi radikal, atau rasa penasaran yang berjejal. Tak ada lagi mimpi-mimpi besar mengubah dunia, cita-cita membangun bangsa, atau pemikiran-pemikiran tentang peradaban manusia.

Saya takut menjadi manusia kecil. Mereka yang meributkan hal-hal kecil. Memikirkan permasalahan kecil. Hidup untuk kehidupan kecil. Hidup hanya memikirkan uang, karier, keluarga, jabatan, anak, istri, tagihan kartu kredit, cicilan rumah, bonus keluar negeri, bagaimana mendapat promosi. Topic-topik “kecil” yang dianggap besar oleh sebagian orang.

Jika bertemu teman kuliah, topic pembicaraan selalu hal-hal kecil: si A sekarang kerja disini. Si B udah promosi. Si C nikah ama D. si E anaknya dua. Si F uda master dari luar negeri. Tidak ada lagi ide-ide besar yang selalu menarik diperdebatkan saat kuliah. Cerita-cerita inspirasi bisnis berganti jadi perbandingan gaji. Dan pertanyaan filosofis dijawab dengan kalimat “ngapaen sih lo mikir gituan”.

Saya tidak mau seperti itu. Karena itu, saya ingin “kuliah” lagi. Kembali menjadi anak bodoh

yang ingin belajar. Bertanya tentang semesta. Mencari-cari ilmu yang tersisa. Kembali ke “kampus”, meski saya tidak berstatus mahasiswa. Saya terinspirasi Steve Jobs, yang tidak tercatat sebagai mahasiswa resmi, tapi bisa mengikuti kelas kaligrafi.

Saya membuat action plan: setiap Sabtu adalah hari untuk “kuliah”. Saya akan mendatangi perpustakaan UI. Dan “bertapa” disana. Karena tempatnya sangat kondusif, dan koleksi cukup lengkap. Sebenarnya saya juga menjadi anggota perpusnas, tapi disana kita harus tahu judul buku yang akan dibaca, baru meminta petugas untuk mengambilkannya. Repot kan?

Saya harus menjadi penulis! Itu target besar yang harus dikejar. Saya ingin meniru Marx, yang menghabiskan waktunya bertapa di perpustakaan London sewaktu menulis Das Kapital.

Bagaimana dengan peningkatan finansial?

Meski secara statistik perusahaan tempat saya bekerja sudah memberikan bayaran diatas rata-rata GDP per kapita Indonesia, tetap saja, gubuk milik sendiri itu lebih baik daripada istana milik orang lain. Memiliki bisnis sendiri meski dimulai dari kecil, lebih baik daripada ikut bisnis besar orang. Karena kita mengembangkan asset kita sendiri, bukan asset orang lain.

Ada “proyek kebaikan” yang sedang saya rencanakan. Dan itu membutuhkan biaya. Sekarang saya sedang berusaha mencari peluang bisnis yang ada. Action plan yang bisa dilakukan adalah:

  1. Berdoa, dan meluruskan niat
  2. Sedekah
  3. Membangun jaringan lewat silaturahmi
  4. Terus belajar dengan membaca
  5. Mendatangi pasar
  6. Belajar laporan keuangan untuk investasi (portofolio belum saya tengok)
  7. Hidup hemat, menabung hebat
  8. Membuat business plan
  9. Terus mencari peluang
  10. Action
  11. Action
  12. Action

100. Action

Intinya, hari Senin-Jumat saya adalah karyawan. Mengurusi brand, media planning, marketing, dan advertising. Hari Sabtu saya adalah penulis. Menghabiskan waktu membaca, bertanya, dan menulis apa yang ada. Hari Minggu, saya adalah businessman. Menghabiskan waktu mencari dan mengeksekusi peluang, mempelajari pasar, membangun jaringan, mengembangkan entrepreneurship, berinvestasi.

Yah inilah dua resolusi sederhana yang saya tulis dan bagi. Untuk memenuhi resolusi penulisan mingguan yang berusaha saya tunaikan.

Semoga pembaca mendoakan. Malaikat mengaminkan. Tuhan mengabulkan.

Amiin🙂

 

 

 


Responses

  1. wah asyik juga nih, Yog..kalo lo ke UI boleh nih sekali-kali ketemuan😀

  2. amiin🙂

  3. semangat kak yoga!… Insya Allah bisa. Yakusa.🙂

  4. Boleh deh klo mo ketemuan, sekalian saya bisa minjem kartu anggotanya huehueuhehue

  5. Amiinnn.. kabulkan doa tante Suri ya Allah😀 (pake gaya Baim berdoa)

  6. Aminnn tante🙂


Leave a Reply

Categories

