Posted by: Yoga PS | 25 November 2012

Oleh-oleh Kreatif dari Pekan Kreatif

Minggu ini ada tiga undangan yang menghampiri meja saya. Pertama, pemutaran premier film Langit Ketujuh karya Rudi Soedjarwo. Kedua, invitation malam penganugerahan Yahoo! OMG Award 2012. Yang terakhir, undangan via whatss app dari Jauhari untuk menghadiri Pekan Produk Kreatif 2012.

Undangan pertama tidak bisa saya hadiri karena harus meeting sampai malam (sok sibuk, aslinya males aja kena macet hehehe). Acara kedua, OMG awards semalam, biasa aja. Cuma konser music dengan bintang tamu Noah, Nidji, Raisa, dan beberapa artis yang baru saya tahu namanya. Lumayanlah nambah referensi trend anak muda zaman sekarang (sok tua dan menjadi bijak). Saya baru tahu kalau ternyata fans JKT48 bisa lebih gila dari fans-nya Noah.

Nah, acara ketiga nih yang menurut saya sangat menarik. Bahkan saya sudah datang dua kali! Yupz, Pekan Produk Kreatif di Epiwalk Kuningan. I love this event. Pertama, karena deket banget ama kantor, tinggal ngesot juga bisa nyampe. Kedua, bisa membuka mata dan jaringan di industry kreatif. Ketiga, acara gretongan!.

PPKI 2012

Konsep acaranya open stand, full of workshop, dan juga full entertainment di panggung utama. Dari ratusan stan, semuanya unik dan menarik. Membuat saya berpikir “Wah bener juga, koq ga pernah kepikiran ya?!?” atau “Kreatif banget nih!!!”.

Tapi, ada beberapa stand favorit saya, yang bisa dicoba didatengin. Hari ini Minggu 25 November 2012, hari terakhir ya J. Ini adalah 5 stan paling unik fersi Yoga de spot:

1. You Oke I Bayar (www.youokibayar.com)

Start up yang menurut saya paling kocak. Mereka memposisikan diri sebagai pool talent dunia maya. Seperti youtube, tapi lebih local. Lewat situs you OK ini, kita bisa mengupload video. Dan jika video kita menjadi yang paling banyak ditonton, uang 100rb sudah menanti. Konsep bisnisnya sendiri seperti Youtube, tapi yang bikin saya tertarik dan ngakak ya nama-nya itu loh.. You-OK-I-bayar. Hahaha. Mereka juga membuat mini stage yang diisi live performance artis You Ok I bayar. Tenang, kita ga perlu bayar koq untuk ngeliat mereka J.

2. Keris raksasa dari Kebumen + Sepatu raksasa dari kertas

Sudah jelas sodara-sodara. Ngangkut barang segede beduk kaya gini tentu lebih susah dari nyelundupin narkoba. Saya tak perlu bercerita apa-apa.

Keris raksasa dari Kebumen

Sepatu dari Komunitas Pecinta Kertas (KPK)

3. Angklungbot

Kalau Ariel sempat menciptakan “inovasi” industry music dalam celana, maka Angklungbot adalah inovasi industry music dalam negeri. Seperti namanya: angklung + bot. angklung yang dimainin ama botol? Pinginnya sih gitu, tapi bot di kasus ini adalah robot. Bener sekali, angklungbot adalah alat music dimana kita tinggal menginput kunci-kunci nada dalam computer dan voilaaa.. angklung akan bermain dengan sendirinya (angklungnya benar-benar bergetar ya, bukan suara digital). Lama-lama saung angklung mang ujo punya saingan nih.

Angkung pake bot

4. Finger print analysis

Sebenarnya finger print analysis sudah lama, tapi saya aja yang baru pertama nyoba. Lewat scan sidik jari, kita dapat memetakan “potensi bawaan” yang tercetak di tubuh kita. Darisini kita bisa tau kekuatan kita itu apa, trus tipe orangnya seperti apa. Saya sempet nyoba finger print 10 jari tangan. Pinginnya sih finger print jari kaki, tapi kata mas konsultannya, belum ada alat untuk scan kaki gajah. Apa hasilnya? Kasih tau ga ya… kata sidik jari, ternyata saya orangnya kreatif, supel, dan yang paling suka: tidak cocok jadi karyawan!!!. Kalo yang jelek2 saya simpen sendiri donk hehehe.

Harusnya foto pas scanning ya?

5. Kompas

Bagaimana rasanya maen game balapan pake Koran? Stand kompas memberi tahu rasanya. Di stan ini kita cukup meletakkan tulisan kompas yang ada diatas headline Koran didepan sensor, dan koran otomatis berubah menjadi setir. Mobil bisa belok kanan kiri kalau kita “membelokkan” Koran ke kanan/kiri. Mau ngebut? Injak gas dengan menundukkan Koran. Rem berlaku sebaliknya.

Nyetir pake koran cetak Kompas

Semoga tahun depan PPKI semakin dikenal dan diikuti oleh tenant-tenant yang semakin kreatif. Karena ekonomi dunia sudah bergerak dari raw material based ke knowledge based dan menuju creative based economy.


Leave a Reply

Categories

