Posted by: Yoga PS | 2 December 2012

Ayo ke Aceh!

Moga2 bisa sholat disini :D

Moga2 bisa sholat disini😀

Karena krisis Eropa, tahun ini tidak ada outing di kantor saya (perintah dari kantor pusat di London sono). Hore-hore-hore. Loh koq seneng? Iya donk, karena berarti ada alesan untuk traveling😀.

Ketika Gandhi pertama kali datang dari Afrika Selatan, hal yang pertama kali ia lakukan adalah membeli tiket kereta api lalu mulai berkeliling ke seluruh India. Gandhi tahu, ia tidak akan mengenal negerinya, jika tidak pernah mengunjunginya. Bangsa bukanlah tumpukan catatan administrative, atau fenomena sosiologis yang bisa ditelaah secara teoritis.

Untuk bisa mengenal sebuah bangsa, Anda harus berkenalan dengan manusianya. Dan itu juga berarti melihat kehidupan mereka, mendengarkan suaranya, bertukar cerita, dan menghargai keluhuran budaya yang ada. Dan saya ingin meniru Gandhi. Saya ingin menghirup nafas Indonesia sesungguhnya. Berkenalan dengan orang di dalamnya. Mendengarkan cerita. Berbagi dengan mereka.

Untuk itu, ada satu daerah yang ingin saya kunjungi, provinsi paling barat dari Indonesia:  Daerah Istimewa Aceh. Kapan?

Itu dia masalahnya. Nasib sebagai kacung membuat kita tidak bisa mengatur waktu libur seenak udel. Pilihan ada di libur panjang bulan ini. Nah, sayangnya waktu tempuh ke Aceh lama amir. Bisa menempuh waktu 4-5 hari dengan jalur darat. Kan pesawat uda ada?

Eits, mana seru!. Justru yang dicari petualangan melintasi trans Sumatera lewat jalur daratnya itu loh. Kali aja dapet suguhan bajing lonjat kaya di berita-berita. Hehehe. Pulangnya baru boleh naek pesawat. Sehingga dihitung-hitung bos, waktu seminggu tidaklah cukup.

Masalah kedua: -masalah klasik- biaya hehe. Sungguh lucu Indonesia ini, biaya trip ke Aceh bisa lebih mahal daripada plesiran ke Negara tetangga. Pesawat ke Aceh bisa kena sejuta (paling murah). Kalo bus kena 600rb (bandingkan dengan tiket promo 150rb ke KL yang saya dapatkan). Sehingga dari Jakarta, kita harus menyiapkan budget sekitar 3 juta. Dengan budget yang sama, kita sudah bisa traveling ke Asia Tenggara.

Bismillah, mari berdoa semoga Tuhan memberikan kesempatan.

Ada yang mo join backpacking atau mau memberi tumpangan? Leave it on your comment ya!😀


Responses

  1. Mau jalan2 trans sumatera? Resign aja. Habis perkara. Selamat mengenal Indonesia, kakaaak…🙂

  2. hahaha. Icha da perna ke Aceh ya? Enaknya jalan kemana?

  3. Pulau Weh is a must! Terus ya ke Banda Aceh. Yang juga sering direkomendasikan para pejalan adalah Kepualauan Banyak. Duh ga habis2 ya kalau mau kenal Indonesia.

  4. Klo ke Sabang naek apaan tante???

  5. Masbro ayoo kita berkemas!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: