Posted by: Yoga PS | 9 December 2012

Menebak Kepribadian dari Tulisan Tangan

actions-speak.com

Sabtu kemarin saya iseng-iseng mengikuti pelatihan analisa sidik jari dan tulisan tangan (graphology). Lumayan lah bisa belajar hal baru. Untuk yang sidik jari, nanti saya bagi materinya (insya Allah saya scan dan upload besok). Nah, untuk tulisan tangan, setidaknya ada 10 hal yang bisa kita lakukan untuk sebuah analisa sederhana.

Sebelumnya, kita butuh tulisan tangan, bukan nasi putih dan bawang yang sudah dihaluskan. Karena kita mau membedah tulisan tangan, dan bukan masak nasi goreng. Silahkan menulis dengan tema bebas. Misalnya: impian saya 10 tahun lagi. Tulisan itu harus ditulis di kertas polos tanpa garis. Kenapa? Karena jika ditulis diatas batu, prasasti namanya. Udah ah, nanti ada penjelasannya. Bisa satu halaman. Lebih banyak lebih baik. Karena semakin lama menulis, karakter penulisan akan semakin keluar.

Udah punya tulisan tangan? Jangan lupa dibubuhi tanda tangan. Sekarang coba lakukan 10 langkah ini:

  1. Periksa keterbacaan. Apakah tulisan itu enak dibaca? Jika iya, berarti bagus. Jika tidak, berarti ada masalah komunikasi dari penulisnya.
  2. Margin. Jika tulisan itu margin kirinya sangat mepet, penulis adalah orang penyendiri yang tidak bisa melupakan masa lalu. jika margin kiri semakin melebar, penulis cenderung antusias, memerlukan kebebasan, ambisius, tapi kurang mampu merencanakan pekerjaan dengan efektif.
  3. Ukuran huruf. Standarnya 1-2 mili per huruf. Jika kecil, penulis berarti lebih suka menjadi “supporter”, sedangkan jika besar, penulis ingin mencari perhatian dan show off.
  4. Kemiringan tulisan. Kami diberi busur khusus untuk mengukur ini. Jika miring ke kanan, penulis ekstrovert, jika kiri introvert. Eh tapi harus diingat, jika kemiringannya ekstrem mengindikasikan penulisnya mengalami gangguan mental! Hiiiii..
  5. Arah tulisan. Coba deh perhatikan, jika kita menulis di HVS tanpa garis, tidak semua orang mampu membuat tulisan yang lurus. Jika tulisan semakin keatas, orang itu optimis. Jika kebawah, pesimis. Jika justified rapi seperti format MS word? Berarti penulis orang yang membosankan :p (tapi mampu mengorganisir dengan sangat baik).
  6. Jenis tulisan. Ada beberapa jenis tulisan: kaku, bulat, runcing, flat, thread dll. Tulisan yang bulat (dibaca terlihat empuk) menunjukkan orang yang ramah. Jika runcing, maka hati-hati jika memberi kritik, karena feedback yang diberikan akan tajam.
  7. Bad traits. Ada beberapa traits (kebiasaan) tulisan yang menunjukkan permasalahan psikologis penulis. Bisa berupa coil, hook, black spot dll. Untuk masalah ini bisa menghabiskan satu buku sendiri hehehe.
  8. Zona. Dalam sebuah tulisan ada beberapa “zona” (kita mengukurnya dengan penggaris khusus). Zona atas (tulisan terlihat tinggi) menandakan penulis adalah seorang pemikir. Jika zona bawahnya panjang, penulis berarti lebih memikirkan kebutuhan materialistis dan biologis (sex).
  9. Posisi tanda tangan. Jika dekat dengan batang tubuh tulisan, berarti tulisan itu realistis. Jika jauh, maka patut diwaspadai, karena bisa saja tulisan itu penuh dengan mimpi dan cenderung membual. Jika tanda tangan berada disisi kiri, penulis berorientasi pada masa lalu. sebaliknya jika di kanan, penulis adalah seorang yang future oriented.
  10. Kesesuaian tulisan dan tanda tangan. Pernah lihat tulisan ceker ayam tapi tanda tangannya sangat elegan? Pasti sering. Karena tanda tangan adalah “tulisan yang ingin dipersepsikan”. Sehingga banyak orang memiliki tanda tangan yang sangat indah, meskipun tulisan naturalnya berkebalikan. Waspadai hal ini. Dan juga untuk menganalisa tanda tangan, diperlukan keahlian khusus.

Nah, Apa kata tulisan tangan Anda?


Responses

  1. 1. enak dibaca
    2. margin kiri dan kanan hampir sama, 1,5 cm, itu apa?
    3. ukuran huruf standart 1-2 mili/huruf
    4. miring ke kiri, introvert ya?
    5. arah tulisanm naik! yee
    6. tidak bulat dan tidak runcing😐
    7. – gak mudeng-😐
    8. mesti pake penggaris khusus, ya? lewat berarti
    9. dekat batang tubuh tulisan sebelah kanan
    10. Nah, saya belum ahli hehehe

  2. tar ku upload materinya biar lebih lengkap yah🙂

  3. Saya cuma pengen tanya aja, Bang Yoga ikut pelatihan analisa sidik jari dan graphology-nya dimana ??

  4. di daerah Pondok Indah plaza tante, ruko paramadina.

  5. info yg cukup bagus

  6. semoga berguna boss hehehe

  7. Udah pernah belajar ini, dari buku Hardwritting Analysis, mirip2 materinya,..🙂

  8. iya sama kaya buku2 juga koq


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: